Sunday, May 29, 2016

Korean Taste

Helloooo...
Before we go to sleep...
I want to share the last post for today...
Who loves korean food? *put your hands up please*
;)

Yep...
Beberapa bulan yang lalu, saking suka nya nyobain resep-resep dari teman-teman di kantor... saya jadi maniac banget buat nyobain resep baru... Yeahh...karena resep brownies udah, tiramisu udah (wait for my next post), ice cream udah (wait for my next post), saya jadi ketagihan dan coba-coba cari resep khas Korea...
Ada beberapa yg sudah saya cobain (tteokbokki, sundubu jigae, ayam manis pedas ala Korea), kali ini saya akan share utk resep simple tteokbokki dulu yaa...
Yaahh...walaupun resep yg paling saya suka sebenarnya adalah sundubu jigae (alias sop tahu asam pedas) #slurrpp
Okeee...nanti yang lain menyusul yaaa (keep waiting for my next post)
Alright....
this is for you...best tteokbokki recipe ever:


TTEOKBOKKI SIMPLE HOMEMADE


Bahan:
1.) Garaetteok / Kue Beras:
250 gr Tepung beras
2 sdm Tepung tapioka
1 sdt Garam
1 sdt Merica bubuk
Sosis/Bakso/Otak-otak ikan
Air secukupnya
Minyak wijen secukupnya

2.) Gochujang / Saus pedas asam manis:
5 buah cabe merah
6 buah cabe rawit
1 siung bawang putih
1 sdm kecap asin
1 sdm cuka
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
1 sdm minyak wijen
Secukupnya penyedap rasa
Secukupnya air

3.) Taburan / Finishing
2 helai daun bawang dicincang
Secukupnya biji wijen (opsional)


Langkah - Langkah :
1.) Campur bahan kue beras (tepung beras, tepung tapioka, garam, merica bubuk) , cincang sebagian sosis/bakso/otak ikan (utk campuran isi kue beras klo suka) dan campurkan ke adonan kue berasnya. Aduk rata agar tercampur, lalu masukkan air sedikit demi sedikit sampai kalis (tdk lengket) dan mudah dibentuk. Campurkan minyak wijen ke dalam adonan secukupnya (kurang lebih aku kasih 1 sdm atau disesuaikan aja sama adonan supaya ga encer dan tetep bisa dibentuk).

2.) Bentuk memanjang (atau sesuai selera) adonan tepung beras tadi. Rebus air dan beri sedikit minyak goreng ke dalam panci hingga air mendidih. Kemudian masukkan adonan yg sudah dibentuk. Jika ingin tambahan variasi, potong sosis/bakso/otak ikan dengan bentuk sesuai selera lalu rebus sekalian dgn adonan tepung beras. Rebus semua hingga matang lalu angkat dan tiriskan.

3.) Sekarang buat sausnya. Haluskan dengan blender bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Kemudian ditumis (beri sedikit saja minyak goreng ke dlm wajan utk menumis).
Note: Jumlah cabe bisa disesuaikan tergantung selera.
Masukkan bahan-bahan lain seperti kecap asin, cuka, saus tomat, saus sambal, minyak wijen, garam, gula, penyedap rasa, air secukupnya.
Aduk sampai rata dan masak hingga kuah mengental. Kemudian masukkan kue beras yg sudah direbus beserta variasi sosis/bakso/otak ikan (klo pake variasi). Aduk kembali hingga saus meresap pada kue beras.

4.) Sajikan dengan taburan daun bawang yg telah dicincang dan juga wijen (jika ada). Paling enak dimakan dalam keadaan masih hangat.


Selamat mencoba ~~~


-xoxo-
"bsg"

No comments:

Post a Comment